12 Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui Terbaru 2017

Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui - Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan WhatsApp, salah satu aplikasi olah pesan yang paling banyak digunakan di dunia ini menyediakan berbagai fitur untuk memberikan kenyamanan kepada para penggunanya, lalu fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi multiplatform ini, berikut fitur-fitur WhatsApp yang wajib kamu ketahui.

Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui

Fitur-Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui


1. Menyembunyikan Status Last Seen


Jika kamu merasa tidak nyaman, ketika aktifitas terakhir kamu menggunakan WhatsApp di ketahui oleh orang lain, kamu bisa menyembunyikan informasi tersebut dengan cara pilih Setting → Account → Privacy → Last Seen

Disini ada 3 pilihan untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat status "Last Seen", pilih Everybody jika ingin dilihat oleh siapa saja, pilih My Contacts jika ingin dilihat oleh orang-orang yang ada di kontak, atau pilih Nobody agar siapa saja tidak dapat melihat informasi aktifitas terakhir kamu menggunakan WhatsApp.

2. Mematikan Tanda Read


Setiap pesan yang sudah dibaca akan di tandai dengan tanda dua centang berwana biru, jika kamu ingin menyembunyikan tanda tersebut dari orang yang mengirim pesan, kamu bisa mengaturnya dengan cara pilih Setting → Account → Privacy → Read Receipts

Namun harus di perhatikan, jika tanda Read Reciepts di non aktifikan, maka setiap pesan yang kamu kirim pun tidak akan mendapatkan tanda centang dua biru atau tanda sudah dibaca.

3. Format Teks


Kamu bisa menampilkan huruf tebal (bold), miring (italic) dan dicoret (streaktrougt) pada pesan WhatsApp, dengan cara memberikan karakter khusus pada awal dan akhir teks, untuk huruf tebal masukan tanda (*), untuk huruf miring masukan tanda (_), dan untuk huruf yang di coret gunakan tanda (~), lihat gambar di bawah ini

Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui

4. Mematikan Download Otomatis


Jika kamu bergabung dengan group yang aktif mengirimkan foto atau video, dan kamu tidak menonaktifkan fitur ini, maka kuota internet kamu akan cepat habis karena foto atau video yang dikirim akan di download secara otomatis, untuk mematikannya pilih Setting → Data Usage

Perhatikan bagian Media Auto Download, di situ terdapat 3 pengaturan download otomatis yaitu When Using Mobile Data, When Connect On Wi-Fi dan When Roaming, pada masing-masing tab tersebut atur media apa saja yang akan di download otomatis dan tidak di download sama sekali.


5. Mute Percakapan


Tidak setiap waktu kamu harus mengikuti setiap obolan di group WhatsApp, dalam keadaan tertentu, terkadang kamu merasa terganggu oleh aktifitas group yang selalu aktif, kamu bisa membisukan percakapan dengan cara tekan dan tahan beberapa detik pada group chat yang ingin kamu bisukan hingga muncul ikon speker di atas kemudian tekan ikon tersebut, akan muncul pop-up yang menampilkan pilihan berapa lama kamu akan membisukan percakapan tersebut.

6. Tanda Bintang


Kamu bisa menandai informasi penting dalam sebuah percakapan dengan memberikan tanda bintang, caranya pilih pesan yang ingin di tandai, tekan beberapa detik hingga muncul tanda bintang di bagian atas kemudian tekan tanda bintang tersebut, untuk melihat pesan yang di tandai sentuh menu titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih Starred Messages.

7. Informasi Detail Pesan


Jika kamu ingin mengetahui informasi detail tentang pesan yang dikirim, kamu tinggal tekan dan tahan beberapa detik pada pesan hingga muncul ikon dibagian atas, kemudian tekan ikon info (huruf i yang dilingkari) untuk mengetahui informasi detail pesan tersebut.

8. Backup Percakapan


Dengan fitur ini kamu dapat membuat cadangan data percakapan sehingga ketika kamu berganti ponsel, kamu dapat memulihkan semua percakapan lawas, caranya pilih Setting → Chat → Chat Backup, Pilih Google Drive Setting kemudian masukan akun Gmail, lalu di bagian Back Up To Google Drive, pilih settingan agar percakapan kamu di back up secara otomatis.

9. Ekspor Percakapan Dalam Bentuk Teks


Kamu bisa menyimpan percakapan dalam bentuk teks, caranya pilih percakapan yang ingin disimpan, pilih menu titik tiga di pojok kanan atas, tekan More kemudian pilih Email Chat nanti muncul pop up yang memberikan pilihan apakah file media (Foto, Video, Audio, Dokumen) mau disimpan atau tidak, selanjutnya kamu akan dihubungkan ke email untuk mengirim percakapan tersebut.

10. Blokir Kontak


Jika kamu merasa tidak nyaman dengan seseorang yang ada di kontak WhatsApp, kamu bisa memblokir kontak tersebut dengan cara buka percakapan dengan kontak yang akan diblokir, kemudian sentuh menu titik tiga di pojok atas, pilih More lalu tekan Block.

11. Colek Anggota Group


Fitur ini berfungsi untuk mencolek seseorang dalam sebuah percakapan di group, dengan fitur ini orang yang kamu colek di group akan mendapatkan notifikasi meskipun percakapan group dalam mode bisu (mute), caranya hanya dengan mengetik simbol "@" (tanpa tanda petik) dalam kolom percakapan, kemudian secara otomatis akan muncul daftar anggota group, kamu bisa memilih sendiri atau langsung saja mengetik nama kontak yang akan di colek.

12. Membalas Salah Satu Pesan di Group

Jika kamu ingin membalas salah satu pesan di group dan kamu ingin orang tersebut mengetahui bahwa pesannya di balas, kamu dapat mengutip pesan itu dengan cara menekan beberapa detik pesan yang ingin di balas hingga muncul deretan ikon dibagian atas, pilih ikon tanda panah ke arah kiri kemudian secara otomatis pesan tersebut akan di kutip di atas pesan kamu.  

Itulah beberapa fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi WhatsApp, semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

12 Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui Terbaru 2017 12 Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui Terbaru 2017 Reviewed by Unknown on January 22, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. WhatsApp 2020 This is a fantastic application and the application that I use the many. The latest WhatsApp 2020 is an useful application for me. WhatsApp 2020 is a wonderful application. WhatsApp 2020 Latest Version Easy to utilize and best for sharing your life with friends and family

    ReplyDelete

Powered by Blogger.